Senin, 30 Juni 2008

Siapakah Penulis Qur’an? – Sebuah Pengamatan Keterangan Tambahan & Daftar Pustaka

Keterangan Tambahan

Ketika tulisan2 pengamatan penulis Qur’an ini ditayangkan di internet, beberapa pembaca meminta bukti persamaan antara ayat2 yang ditulis penyair Zayd b. Amr b. Naufal dan ayat2 Qur’an. Dalam Keterangan Tambahan ini, aku telah memilih 20 ayat2 dari puisi Zayd dan membandingkannya dengan ayat2 Qur’an. Kau akan mendapatkan kesamaan isi ayat2 Qur’an itu dengan komposisi puisi Zayd. Karena sifat penulisan Qur’an yang seringkali mengulang-ulang ayat serupa, maka terdapat pula banyak ayat yang serupa dengan ayat2 puisi Zayd. Untuk mempersingkat tulisan ini, aku hanya mengutip ayat2 secara lengkap jika isi ayat ini sangat amat mirip dengan tulisan Zayd. Untuk ayat2 lain, aku hanya mengutip pesan utamanya saja. Pembaca dapat melihat Qur’an bahasa Inggris (atau Indonesia – Adadeh) untuk membaca isi ayat selengkapnya. Juga tidak semua ayat2 serupa kucantumkan di sini, hanya beberapa saja. Silakan periksa sendiri Qur’an untuk mencari ayat2 lain yang mirip dengan isi puisi Zayd.

[Perhatian: kecuali ada keterangan lain, semua kutipan ayat2 Qur’an diambil dari terjemahan bahasa Inggris oleh Abdullah Yusuf Ali. Perhatikan pula bahwa dalam terjemahan aslinya, Yusuf Ali menerjemahkan Allah sebagai Tuhan (God). Versi Internet menerjemahkan Allah sebagai Allah saja. Tulisanku mengutip terjemahan asli Yusuf Ali. Silakan buka link ini untuk melihat ayat lengkapnya.)

Catatan dari Adadeh
Terjemahan Qur’an bahasa Indonesia diambil dari:
Website Qur’an Indonesia - Kerajaan Arab Saudi, Kementerian Urusan Keislaman, Wakaf, Dakwah dan Penyuluhan
Terjemahan Qur’an Inggris Yusuf Ali ke dalam bahasa Indonesia bisa sedikit berbeda dengan terjemahan Qur’an Indonesia versi Depag RI. Saya anjurkan agar pembaca memeriksa sendiri terjemahan2 Qur’an secara langsung dari versi cetaknya.

Ini adalah beberapa contoh ayat2 dari puisi Zayd:
Ibn Ishaq, Sirat Rasul Allah (halaman 100-101). Zayd b. 'Amr. B. Nufayl menulis puisi ini tentang dirinya yang meninggalkan masyarakatnya dan deraan yang diterimanya dari mereka:

Am I to worship one lord or a thousand? If there are as many as you claim, I renounce al-Lat and al-'Uzza both of them As any strong-minded person would. I will not worship al-'Uzza and her two daughters, Nor will I visit the two images of the Banu 'Amr. I will not worship Hubal' though he was our lord In the days when I had little sense. I wondered (for in the night much is strange Which in daylight is plain to the discerning), That God had annihilated many men Whose deeds were thoroughly evil And spared others through the piety of a people So that a little child could grow in manhood. A man may languish for a time and then recover As the branch of a tree revives after the rain. I serve my Lord the compassionate That the forgiving Lord may pardon my sin, So keep to the fear of God your Lord; While you hold to that you will not perish. You will see the pious living in gardens, While for the infidels hell fire is burning. Shamed in life, when they die Their breasts will contract in anguish.

terjemahan:
Apakah aku harus menyembah satu tuhan atau seribu tuhan? Jika memang tuhan itu sebanyak yang kau katakan, aku menyangkal baik al-Lat maupun al-‘Uzza sebagaimana yang pasti dilakukan orang cerdas. Aku tidak akan menyembah al-‘Uzza dan kedua putrinya, dan aku pun tidak sudi mengunjungi dua gambar milik Banu ‘Amr. Aku tidak akan menyembah Hubal’ meskipun dulu ketika masih bodoh aku menganggapnya sebagai tuhan kita. Aku merenungkan (akan hal yang tidak jelas di malam hari, tapi jelas untuk dipikirkan di siang hari), bahwa Tuhan membunuh banyak orang yang perbuatannya sangat jahat dan menyisakan yang lain melalui belas kasihan orang sehingga anak kecil bisa tumbuh dewasa. Manusia bisa jadi lemah untuk beberapa saat dan lalu kuat kembali seperti ranting pohon hidup kembali setelah turun hujan. Aku berbakti pada Tuhanku yang penuh kasih agar Tuhan yang pengampun bersedia mengampuni dosaku. Jadi tetaplah takut akan Tuhanmu; karena selama kau berbuat itu maka kau tidak akan binasa. Kau akan lihat orang suci hidup di taman2 (surga), sedangkan para kafir dibakar di neraka. Mereka memalukan saat hidup, dan ketika mati dada mereka akan mengejang kesakitan.

Zayd juga menulis: (143)
To God I give my praise and thanksgiving, A sure word that will not fail as long as time lasts, To the heavenly King - there is no God beyond Him And no lord can draw near to Him. Beware, O men, of what follows death! You can hide nothing from God.. Beware of putting another beside God, For the upright way has become clear. Merry I implore, others trust in jinn, But thou, my God, art our Lord and our hope. I am satisfied with thee, O God, as a Lord, And will not worship another God beside thee. Thou of thy goodness and mercy Didst send a messenger to Moses as a herald. Thou saidst to him, Go thou and Aaron, And summon Pharaoh the tyrant to run to God And say to him, 'Did you spread out this (earth) without support, Until it stood fast as it does?' Say to him 'Did you raise this (heaven) without support? What a fine builder then you were!' Say to him 'Did you set the moon in the middle thereof As a light to guide when night covered it?' Say to him, 'Who sent forth the sun by day So that the earth it touched reflected its splendour?' Say to him, 'Who planted seeds in the dust That herbage might grow and wax great? And brought forth its seeds in the head of the plant?'

Therein are signs for the understanding.
Thou in thy kindness did deliver Jonah
Who spent nights in the belly of the fish.
Though I glorify thy name, I often repeat
'O Lord of creatures, bestow thy gifts and mercy upon me
And bless my sons and property.

terjemahan:
Zayd juga berkata: (143)
Pada Tuhan aku serahkan pujian dan syukurku, Kata yang pasti yang tidak akan pernah gagal sepanjang masa, Pada Raja Surgawi – tiada Tuhan selain Dia Dan tiada illah yang sebanding denganNya. Waspadalah, wahai manusia, apa yang terjadi setelah mati! Kau tidak dapat menyembunyikan apapun dari Tuhan. Hati2lah mengilahkan yang lain selain Tuhan, Karena jalan ke atas telah jelas. Dengan girang aku berdoa, orang lain percaya pada jin, Tapi kau, Tuhanku, adalah Tuhan kami dan harapan kami. Aku puas akan Engkau, ya Tuhan, Dan tidak akan menyembah illah lain selain Engkau. Kau dengan kebaikan dan pengampunanMu telah mengirim seorang utusan pada Moses sebagai nabi.. Kau katakan padanya, Pergilah kau dan Harun, Dan panggil penguasa kejam Firaun untuk berpaling pada Tuhan Dan katakan padanya, ‘Apakah kau menghamparkan bumi tanpa penopang, sampai bumi bisa diam teguh seperti ini?’ Katakan padanya ‘Apakah kau meninggikan surga tanpa penopang? Betapa hebatnya kau sebagai pencipta!’ Katakan padanya ‘Apakah kau meletakkan bulan di sana sebagai cahaya terang ketika malam menutupinya?’ Katakan padanya, ‘Siapa yang mengirim matahari di siang hari sehingga bumi yang disentuh memancarkan kemegahannya?’ Katakan padanya, ‘Siapa yang menanam biji2an di tanah sehingga tanaman dapat tumbuh dan berminyak banyak? Dan menumbuhkan biji2nya di pucuk tanaman?’

Terdapat tanda2 untuk dapat dimengerti.
Kau dalam kebaikanmu telah mengirim Yunus
Yang menghabiskan malam2 di dalam perut ikan.
Meskipun aku seringkali memuliakan namamu
‘Wahai Tuhan segala makhluk, berikan anugerah dan pengampunanMu padaku
dan berkati putra2 dan hartaku.

[(143) Ibn Hisham memberi catatan (ibn Ishaq, hal.713):
Ayat2 ini sebenarnya adalah puisi yang ditulis oleh Umayya b. Abu'l-Salt, kecuali ayat baris satu, dua, lima dan yang terakhir. ]

Ini lagi contoh puisi karangan Zayd b. Amir (ibn Ishaq, hal. 102):
Dan Zayd berkata:
I submit myself to him to whom
The earth which bears mighty rocks is subject.
He spread it out and when He saw it was settled
Upon the waters, He fixed the mountains on it.
I submit myself to Him to whom clouds which bear
Sweet water are subject
When they are borne along to a land
They obediently pour copious rain upon it.

terjemahan:
Dan Zayd berkata:
Aku tunduk pada Dia yang padaNya
Bumi yang menyanggah batu2 raksasa tunduk
Dia menghamparkankannya dan ketika Dia melihat bumi telah terhampar
Di atas air, Dia menancapkan gunung2 di atasnya.
Aku tunduk pada Dia yang padaNya awan2 yang membawa
Air manis tunduk
Ketika mereka mengudara di atas tanah
Mereka dengan taat mencurahkan hujan di atasnya.

Setelah Zayd b. Amr dibunuh, kawannya yang bernama Waraqa b. Naufal b. Asad (yang adalah saudara sepupu Khadijah) menulis puisi ini sebagai tanda hormat baginya (ibn Ishaq, hal. 103):

You were altogether on the right path Ibm 'Amr,
You have escaped hell's burning oven
By serving the one and only God
And abandoning vain idols.
And by attaining the religion which you sought
Not being unmindful of the unity of your Lord
You have reached a noble dwelling
Wherein you will rejoice in your generous treatment.
You will meet there the friend of God, (3)
Since you were not a tyrant ripe for hell,
For the mercy of God reaches men,
Though they be seventy valleys deep below the earth (146)

terjemahan:
Kau berada di jalur yang benar Ibn ‘Amr,
Kau telah selamat dari api neraka membara
Dengan berbakti pada satu Tuhan saja
Dan meninggalkan berhala2 tak berdaya
Dan dengan mencapai agama yang kau dambakan
Dengan sadar akan kesatuan Tuhanmu
Kau telah mencapai tempat terhormat
Di mana kau akan bersukacita dengan berkat melimpah
Kau akan bertemu di sana kawan Tuhan, (3)
Karena kau bukanlah orang kejam penghuni neraka,
Sebab pengampunan Tuhan mencapai manusia,
Meskipun terdapat tujuh puluh lembah curam di bawah bumi (146)

Catatan kaki (3): Daerah di mana ‘Amman adalah ibukotanya.
Catatan Ibn Hisham (146): Dua ayat pertama ayat ini ditujukan bagi Umayya b. Abu al-Salt dan ayat terakhir terdapat pula dalam salah satu puisi2nya.

[Alasanku untuk mengutip syair penghormatan dari Waraqa adalah untuk menunjukkan eratnya hubungan persahabatan Zayd b. Amr dan Waraqa dan hal ini juga mempengaruhi Muhammad untuk menaruh rasa hormat dan penghargaan besar secara tulus terhadap ajaran yang dipercayai, diimani, dan dibela sampai mati ole Zayd b. Amr. Muhammad bertekad untuk menyamai Zayd b. Amr, yang adalah sahabat Waraqa dan Khadijah. Ingatlah bahwa Khadijah adalah istri pertama dan pendukung utama Muhammad. – Abul Kasem]

Sekarang mari bandingkan ayat2 puisi Zayd dengan ayat2 Qur’an:

1. Zayd menulis: Apakah aku harus menyembah satu atau seribu Tuhan?
Qur’an menyatakan:
Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa; mereka yang tidak percaya pada akhirat adalah orang2 sombong ... 16:22

Q 16:22
Your Allah is one Allah: as to those who believe not in the Hereafter, their hearts refuse to know, and they are arrogant.
Versi Indonesia:
Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa. Maka orang-orang yang tidak beriman kepada akhirat, hati mereka mengingkari (keesaan Allah), sedangkan mereka sendiri adalah orang-orang yang sombong.

Ayat2 serupa lainnya dari Qur'an:
Tidak boleh menganggap pemimpin agama sebagai Tuhan; Allah telah memerintahkan hanya menyembah diriNya saja… 9:31
Siapapun tidak ada yang bisa mengubah firman Allah... 10:64
Qur’an mengajarkan untuk untuk tidak menyembah yang lain sealin Allah dan Muhammad adalah pemberi peringatan dan pembawa kabar gembira... 11:2
Jangan menyembah dua tuhan; hanya ada satu Tuhan, sembah Dia saja...16:51
Semua nabi diperintah untuk menyembah satu Tuhan saja… 21:25
Hanya ada satu Tuhan dan semua orang harus tunduk pada Islam… 21:108
Hanya ada satu Tuhan... 37:4
Muhammad adalah pemberi peringatan, tiada tuhan selain Allah Yang Maha Esa ... 38:65
Agama Muhammad hanya menyembah Allah yang Maha Esa... 39:14
Muhammad diperintahkan untuk menyembah Allah yang Esa... 39:11
Tidak boleh memiliki dua majikan; orang harus mengabdi pada satu majikan saja (ayat ini digunakan oleh Muslim pengikut Qur’an saja, misalnya Rashad Khalifa)… 39:29
Allah Maha Esa… 112:1


2. Zayd menulis: tidak mau menyembah al-Lat, al-Uzza dan dua putrinya

Qur'an menyatakan:
Semua nabi, di saat tertentu dirasuki Setan (inilah ayat pembatalan bagi 53:19-20 yang menyatakan Al-Lat, al-Uzza dan Manat adalah dewi2; Muhammad mengatakan bahwa ayat ini diinspirasi oleh Setan sehingga dibatalkan oleh 22:52)...53:19-23

Q 53:19-23
053.019 Have ye seen Lat. and 'Uzza,
053.020 And another, the third (goddess), Manat?
053.021 What! for you the male sex, and for Him, the female?
053.022 Behold, such would be indeed a division most unfair!
053.023 These are nothing but names which ye have devised,- ye and your fathers,- for which Allah has sent down no authority (whatever). They follow nothing but conjecture and what their own souls desire!- Even though there has already come to them Guidance from their Lord!

Versi Qur’an Indonesia:
[53:19] Maka apakah patut kamu (hai orang-orang musyrik) menganggap Al Lata dan Al Uzza,
[53:20] dan Manah yang ketiga, yang paling terkemudian (sebagai anak perempuan Allah)?
[53:21] Apakah (patut) untuk kamu (anak) laki-laki dan untuk Allah (anak) perempuan?
[53:22] Yang demikian itu tentulah suatu pembagian yang tidak adil.
[53:23] Itu tidak lain hanyalah nama-nama yang kamu dan bapak-bapak kamu mengada-adakannya; Allah tidak menurunkan suatu keterangan pun untuk (menyembah) nya. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti sangkaan-sangkaan, dan apa yang diingini oleh hawa nafsu mereka, dan sesungguhnya telah datang petunjuk kepada mereka dari Tuhan mereka.

Ayat2 serupa lainnya dari Qur'an:
Semua nabi2, suatu saat mendapat bisikan dari Setan (inilah ayat pembatalan bagi Q 53:19-20 tentang hal menyembah dewi2 al-Lat, Uzza, Manat)… 22:52
Allah tidak layak mendapatkan anak perempuan… 52:39
Allah tidak patut punya anak perempuan… 53:21


3. Zayd menulis: Allah membinasakan orang2 yang perbuatannya benar2 jahat

Qur'an menyatakan:
Allah membinasakan generasi2 sebelum generasi Muhammad… 6:6

Q 6:6
Apakah mereka tidak memperhatikan berapa banyaknya generasi-generasi yang telah Kami binasakan sebelum mereka, padahal (generasi itu), telah Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi, yaitu keteguhan yang belum pernah Kami berikan kepadamu, dan Kami curahkan hujan yang lebat atas mereka dan Kami jadikan sungai-sungai mengalir di bawah mereka, kemudian Kami binasakan mereka karena dosa mereka sendiri, dan kami ciptakan sesudah mereka generasi yang lain.

Ayat2 serupa lainnya dari Qur'an:
Allah membinasakan banyak negeri sewaktu mereka terjaga atau tidur… 7:4
Allah membinasakan banyak generasi dan mewariskan bumi pada generasi sekarang untuk menguji mereka… 10:13-14
Allah membinasakan banyak generasi2 sebelumnya dan tiada yang bisa mengenal mereka lagi… 19:98
Allah telah banyak membinasakan generasi2 terdahulu… 20:128
Di masa lampau, Allah telah banyak menghukum banyak penduduk… 22:48
Allah menghancurkan semua penduduk negeri kafir, tapi mereka tetap tidak percaya…. 21:6
Allah memusnahkan banyak penduduk sebelumnya… 21:11
Allah membunuh orang2 lalim… 21:15
Di masa lalu, Allah menghancurkan banyak kota, membuat sumur2 ditinggalkan dan menghancurkan istana2… 22:45
Allah telah banyak membinasakan generasi2 sebelumnya… 32:26
Allah membinasakan banyak generasi sebelumnya; permohonan mereka sia2… 38:3
Allah membinasakan orang2 yang berkuasa… 43:8
Di masa lalu, Allah menghukum orang2 yang tidak taat pada rasulNya… 40:22
Allah membinasakan banyak masyarakat sebelum Muhammad diutus… 46:27
Di masa lalu, Allah membinasakan banyak generasi2 yang kuat… 50:36
Allah membinasakan generasi2 sebelumnya… 77:16
Kafir2 jaman dulu mendapat azab yang pedih dari Allah… 64:5
Allah murka kepada kafir2 di waktu lampau… 67:18


4. Zayd menulis: Dan mengampuni nyawa yang lain... ...

Qur'an menyatakan:
Allah adakalanya mengazab dan mengampuni orang2… 9:106

Q 9:106
Dan ada (pula) orang-orang lain yang ditangguhkan sampai ada keputusan Allah; adakalanya Allah akan mengazab mereka dan adakalanya Allah akan menerima tobat mereka. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Ayat2 yang serupa dari Qur’an:
Allah telah menentukan rencana bagi para kafir, karena itulah Dia tidak seketika membinasakan mereka…. 20:130


5. Zayd menulis: …. cabang pohon hidup kembali setelah hujan

Qur'an menyatakan:
Allah mengirim hujan dari langit untuk tanaman2 agar tumbuh dan memberi hidup pada tanaman… 50:9-11

Q 50:9-11
[9] Dan Kami turunkan dari langit air yang banyak manfaatnya lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam,
[10] dan pohon kurma yang tinggi-tinggi yang mempunyai mayang yang bersusun-susun,
[11] untuk menjadi rezeki bagi hamba-hamba (Kami), dan Kami hidupkan dengan air itu tanah yang mati (kering). Seperti itulah terjadinya kebangkitan.

Ayat2 serupa lainnya dari Qur'an:
Dalam penciptaan langit dan bumi, silih berganti malan dan siang, bahtera berlayar di laut, hujan dari langit, dan tumbuhnya tunas dari bumi yang mati, segala jenis hewa, perubahan angin dan awan merupakan tanda2 Allah… 2:164
Allah menurunkan hujan dari langit untuk menumbuhkan tetumbuhan… 6:99
Allah meniupkan angin untuk membawa awan mendung yang jatuh sebagai hujan di tanah tandus untuk menumbuhkan buah2an… 7:57
Allah mengirim angin dan hujan yang menumbuhkan tumbuh2an… 15:22
Hujan, tanam2an di bumi dan yang kering merupakan tanda2 Allah; Dia yang Maha Kuasa… 18:45
Allah menurunkan hujan dan Dia maha mengetahui… 22:63
Allah menurunkan air dari langit; air menetap di bumi, lalu mengering… 23:18
Allah menghalau air ke bumi tandus untuk memberi makan ternak… 32:27
Allah
Allah menurunkan air dari langit dan menumbuhkan tanam2an… 39:21
Allah menurunkan air dari langit untuk menghidupkan negeri mati, Dia juga memberi hidup bagi yang mati… 43:11
Allah menghidupkan negeri yang tadinya mati… 57:17


6. Zayd menulis: Maka tetaplah takut pada Allah ... ... , tetaplah takut agar kau tidak binasa

Qur'an menyatakan:
Takutlah pada Allah dan hanya pada Allah saja ...2:41

Q 2:41
Dan berimanlah kamu kepada apa yang telah Aku turunkan (Al Qur'an) yang membenarkan apa yang ada padamu (Taurat), dan janganlah kamu menjadi orang yang pertama kafir kepadanya, dan janganlah kamu menukarkan ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah, dan hanya kepada Akulah kamu harus bertakwa.

Ayat2 serupa lainnya dari Qur'an:
Jangan mati kecuali sebagai Muslim; takutlah akan Allah… 3:102
Siapa yang takut akan Allah akan kekal tinggal di surga ...3:198
Takut pada Allah dan jangan membuat masalah di bumi… 7:56
Allah mengirim gempa sampai gunung2 hampir jatuh sebagai peringatan untuk takut akan Allah… 7:171
Hati Muslim gemetar mendengar nama Allah dan iman mereka menguat saat mendengar ayat2 Qur’an… 8:2
Muslim harus takut akan Allah dan mengikuti orang2 beriman lainnya… 9:119
Takutlah akan Allah di hari kiamat… 22:1
Hati Muslim gemetar ketakutan saat mendengar nama Allah… 22:35
Tobat dan takutlah akan Allah… 30:31
Mereka yang berpengetahuan takut akan Allah… 35:28
Bumi Allah itu luas; takutlah akan Allah; Dia berada di pihak Muslim… 39:10
Takutlah akan Allah… 64:16
Pahala besar bagi yang takut akan Allah… 67:12
Qur’an adalah pesan bagi manusia yang takut akan Allah… 69:47
Jika kau takut dan taat pada Allah, maka Dia akan mengampunimu… 71:3-4
Orang yang memberi harta di jalan Allah dan takut akan Allah akan masuk surga… 92:5-6


7. Zayd menulis: ... ... .orang2 suci tinggal di taman2 surgawi.…. bagi kafir adalah api neraka yang membara

Qur'an menyatakan:
Taman akan didekatkan pada Muslim takwa dan api neraka bagi orang sesat… 26:90-95

Q 26:90-95
[90] dan (di hari itu) didekatkanlah surga kepada orang-orang yang bertakwa,
[91] dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat",
[92] dan dikatakan kepada mereka: "Di manakah berhala-berhala yang dahulu kamu selalu menyembah (nya)
[93] selain Allah? Dapatkah mereka menolong kamu atau menolong diri mereka sendiri?"
[94] Maka mereka (sembahan-sembahan itu) dijungkirkan ke dalam neraka bersama-sama orang-orang yang sesat,
[95] dan bala tentara iblis semuanya.

Ayat2 serupa lainnya dari Qur'an:
Hadiah mereka adalah taman2 yang kekal, mereka akan tinggal di sana selamanya; Allah rida terhadap mereka dan mereka pun rida padaNya dan itulah balasan bagi yang takut akan Allah… 98:8
Hadiah bagi Muslim yang takut akan Allah adalah surga… 3:15
Taman2 dengan sungai mengalir di bawahnya bagi Muslim… 3:136
Muslim beruntung mengikuti Islam; mereka akan dapat pahala taman2 dengan sungai mengalir di bawahnya, tempat abadi bagi Muslim… 5:119
Allah menjanjikan surga (tempat bagus di taman And) bagi Muslim dan Muslimah… 9:72
Muslim akan masuk taman And bersama dengan orangtua, istri2, dan anak cucu yang saleh; malaikat akan mengiringkan mereka untuk masuk ke sana… 13:23
Bagi Muslim… taman2 dengan sungai mengalir di bawahnya… 13:35
Muslim akan masuk taman2 dengan sungai mengalir di bawahnya; mereka akan diberi gelang emas dan mutiara dan pakaian sutra… 22:23
Allah akan jadi hakim di Hari Kiamat; taman surgawi bagi Muslim… 22:56
Neraka jahanam diperlihatkan dengan jelas… 26:91
Taman2 akan didekatkan pada Muslim… 26:90
Taman2 sebagai tempat nyaman bagi Muslim… 32:19
Kafir akan tinggal di neraka; mereka akan dipaksa kembali jika berusaha melarikan diri… 32:20
Muslim akan tinggal di taman2 untuk selamanya; mereka akan mengenakan gelang emas dan mutiara dan berpakaian sutra… 35:33
Api neraka abadi bagi mereka yang menolak Allah; mereka tidak akan mati; hukuman mereka tidak akan diperingan… 35:36
Bagi Muslim tersedia taman penuh kesenangan, tempat teduh, dipan2, buah2 lezat, selamat dari Allah… 36:55-58
Kafir akan dipisahkan, mereka akan dibakar di neraka… 36:60-64
Bagi hamba2 Allah yang takwa akan diberi pahala di surga berupa buah2, hormat, penghargaan, taman, mereka akan duduk di dipan berhadapan, minum cawan dari sungai mengalir, air jernih lezat, tiada masalah, bidadari jelita… 37:41-50
Muslim akan melihat kafir dibakar di neraka… 37:55
Allah menurunkan Qur’an berbahasa Arab sebagai peringatan. Segolongan masuk surga dan segolongan lain masuk neraka… 42:7
Muslim dan istri2 mereka masuk surga, mengedarkan piring dan piala emas, semua yang didambakan hati dan sedap dipandang mata… 43:70-72
Kafir akan dihukum; mereka akan tinggal di neraka selamanya… 43:74
Muslim akan diterima masuk taman surga; kafir ber-senang2 di bumi, makan seperti binatang dan mereka akan dimasukkan dalam neraka… 47:12
Bagi Muslim tersedia taman2 untuk tinggal, di bawahnya terdapat sungai mengalir; dosa mereka diampuni… 48:5
Muslim akan tinggal di taman penuh kenikmatan… 52:17
Muslim akan tinggal di tengah taman2 dan sungai2 dekat Allah… 54:55
Muslim akan bertelekan di atas permadani; buah2 dapat dipetik… 55:54
Pahala bagi yang berjihad di jalan Allah, Dia mengampuni dosa2 dan memasukkan Muslim ke dalam taman Adn abadi… 61:12
Bagi Muslim, Allah akan mengampuni dosa mereka; memberi mereka taman untuk tinggal selamanya di mana sungai2 mengalir… 64:9
Kafir akan tinggal selamanya di neraka… 64:10
Terdapat taman2 penuh kenikmatan di sisi Allah… 68:34
Allah akan membelenggu kafir dan membakar mereka di neraka menyala… 73:12
Bagi kafir, Allah menyediakan belenggu, rantai, dan api neraka menyala... 76:4
Bagi Muslim terdapat taman2… 85:11
Muslim akan tinggal di taman surgawi… 88:10


8. Zayd menulis: ... .. dada akan jadi sesak menyakitkan

Quran menyatakan:
Allah melapangkan dada mereka yang menerima Islam; mereka yang menolak akan mengalami sesak dada, seperti mendaki langit dan bernapas terengah-engah… 6:125

Q 6:125
Barang siapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barang siapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki ke langit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman.

Ayat2 serupa lainnya dari Qur'an:
Allah memalingkan hati dan mata para kafir… 6:110
Melalui kisah sikap kafir dahulu terhadap rasul2 mereka, Allah menunjukkan contoh bahwa Dia mengunci mati hati orang2 kafir… 7:101
Allah mengunci hati kafir… 10:74
Tiada jiwa yang bisa beriman kecuali atas izin Allah; Dia menaruh keraguan dan kegelapan dalam hati kafir… 10:100
Allah menguci hati orang2 yang tidak mengerti… 30:59
Hati2 akan merasa takut… 79:8
Hati kafir ditutupi dosa2nya… 83:14


9. Zayd menulis: ... ... ... tiada Tuhan selain Dia

Qur'an menyatakan:
Hanya ada satu Tuhan dan semua harus tunduk pada Islam… 21:108

Q 21.108
Say: "What has come to me by inspiration is that your Allah is One Allah: will ye therefore bow to His Will (in Islam)?"

Versi Indonesia:
Katakanlah: "Sesungguhnya yang diwahyukan kepadaku adalah: "Bahwasanya Tuhanmu adalah Tuhan Yang Esa, maka hendaklah kamu berserah diri (kepada-Nya)".

Q 27:26
Allah, tiada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Dia, Tuhan Yang mempunyai Arasy yang besar".

Ayat2 serupa lainnya dari Qur'an:
Setiap nyawa kembali pada Allah, hakim utama… 6:62
Tiada sekutu bagi Allah… 16:74
Tidak boleh menyekutukan Allah… 17:22
Jika ada tuhan2 lain selain Allah, maka dunia akan kacau… 21:22
Semua rasul diperintahkan menyembah satu Tuhan saja… 21:25
Kehormatan hanya bagi Allah saja; tiada tuhan lain selain Dia. Semua akan binasa kecuali wajah Allah… 28:88
Tiada penolong atau pelindung kecuali Allah… 29:22
Tiada tuhan selain Dia… 35:3
Hanya ada satu Tuhan… 37:4
Muhammad adalah pemberi peringatan, tiada tuhan selain Allah yang Maha Esa…. 38:65
Allah maha tinggi, maha besar… 42:4
Allah adalah satu2nya tuhan di surga dan bumi… 43:84
Allah adalah pemelihara langit dan bumi… 44:7
Allah adalah yang awal dan akhir… 57:3
Allah maha kuasa… 67:1
Allah yang maha esa… 112:1
Tiada seorang pun yang setara dengan Allah... 112:4


10. Zayd menulis: Kau tidak dapat menyembunyikan apapun dari Tuhan

Qur'an menyatakan:
Allah punya catatan lengkap akan segala sesuatu; tiada yang tersembunyi darinya… 27:75

Q 27:75
YUSUFALI: Nor is there aught of the unseen, in heaven or earth, but is (recorded) in a clear record.
PICKTHAL: And there is nothing hidden in the heaven or the earth but it is in a clear Record.
SHAKIR: And there is nothing concealed in the heaven and the earth but it is in a clear book.

Versi Indonesia:
Tiada sesuatu pun yang gaib di langit dan di bumi, melainkan (terdapat) dalam kitab yang nyata (Lohmahfuz).

Ayat2 serupa lainnya dari Qur'an:
Allah tahu apa yang kau sembunyikan atau nyatakan… 3:29
Yahudi atau munafik pura2 jadi Muslim ketika mereka bertemu Muhammad tapi mereka sebenarnya menentang Islam; Allah tahu apa yang mereka sembunyikan… 5:61
Tidak dapat menyembunyikan apapun dari Allah: Dia tahu segala isi hati… 11:5
Allah tahu apa yang rahasia dan tersembunyi… 20:7
Allah tahu apa yang kau katakan dan apa yang kau sembunyikan dalam hati… 21:110
Allah tahu segala yang tersembunyi dan rahasia; Dia tidak punya sekutu… 23:92
Allah tahu semua yang kau sembunyikan dan nyatakan… 27:74
Allah mengetahui segala sesuatu yang gaib atau nyata… 32:6
Allah tahu apa yang disembunyikan atau dinyatakan kafir… 36:76
Allah tahu segala yang gaib dan nyata… 59:22
Allah tahu apa yang kau rahasiakan atau nyatakan… 64:4
Apakah dirahasiakan atau dinyatakan, Allah tahu semua pikiran… 67:13


11. Zayd menulis: ... jalan yang lurus telah jadi nyata

Qur'an menyatakan:
Tiada paksaan dalam agama; jalan yang benar sudah jelas dari jalan yang sesat… 2:256

Q 2:256
Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barang siapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Ayat2 serupa lainnya dari Qur'an:
Qur’an merupakan wahyu yang jelas; kafir adalah orang sesat… 2:99
Qur’an adalah buku yang jelas… 5:15
Qur’an menjelaskan segala sesuatu… 15:1
Qur’an merupakan ayat nyata dari Tuhan… 22:16
Allah telah menjelaskan dalam Qur’an dan Dia memimpin siapa yang dikehendaiknya pada jalan yang lurus… 24:46
Qur’an menerangkan… 26:1
Muhammad tidak bersyair; Qur’an adalah pesan yang jelas… 36:69
Allah telah mengirim wahyu yang jelas (Qur’an)… 57:9
Sembah Allah dalam menjalankan agama yang lurus, dirikan sholat, bayar zakat… 98:5


12. Zayd menulis: Dan tidak akan menyembah tuhan lain selain Engkau…

Qur'an menyatakan:
Tidak boleh menyembah yang lain selain Allah; Islam adalah satu2nya agama yang benar… 12:40

Q 12:40
Kamu tidak menyembah yang selain Allah kecuali hanya (menyembah) nama-nama yang kamu dan nenek moyangmu membuat-buatnya. Allah tidak menurunkan suatu keterangan pun tentang nama-nama itu. Keputusan itu hanyalah kepunyaan Allah. Dia telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Dia. Itulah agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

Ayat2 serupa lainnya dari Qur'an:
Perjanjian Allah dengan Bani Israel adalah: 1. hanya menyembah Allah saja; 2. menghormati orangtua; 3. menghormati kerabat, anak2 yatim piatu dan kaum miskin; 3. ucapkan kata2 yang baik pada manusia; 4. lakukan sholat; 5. tunaikan zakat; 6. jangan membunuh; 7. jangan mengusir orang dari rumahnya… 2:83-84
Tidak mungkin bagi Ahli Kitab untuk menyembah illah lain selain Allah saja… 3:79
Sembah Allah saja; kau akhirnya akan kembali padaNya…. 7:29
Sembah Allah saja, secara sendirian atau di depan umum…. 7:55
Tidak boleh mengangkat pemimpin agama sebagai tuhan; Allah memerintahkan menyembah Dia yang maha esa…. 10:104
Qur’an mengajarkan untuk menyembah Allah saja dan Muhammad adalah pemberi peringatan yang membawa kabar gembira…. 11:2
Allah mengirim utusan pada setiap masyarakat; Muhammad diperintahkan untuk menyembah Allah saja; Allah membimbing sebagian orang dan menyesatkan lainnya…. 16:36
Jangan menyembah dua tuhan; hanya ada satu Tuhan, sembah Dia saja…. 16:51
Semua rasul diperintahkan untuk menyembah Allah yang maha esa saja… 21:25
Muhammad diperintahkan untuk menyembah Allah saja… 39:11
Muslim harus menyembah Allah meskipun kafir tidak menyukai hal itu…. 40:14
Muhammad dilarang menyembah berhala; dia diperintahkan untuk menyembah Allah saja…. 40:66
Muhammad hanya menyembah Allah saja; dia tidak berkuasa mendatangkan murtad atau manfaat…. 72:20-21
Seluruh Sura Kafiirun (Sura 109)


13. Zayd menulis: ... ... ... seorang malaikat datang kepada Musa sebagai pembawa berita

Qur'an menyatakan:
Mereka (Moses dan pembantunya) bertemu malaikat Allah di siana (di persimpangan dua laut)... 18:65

Q 18:65
Lalu mereka bertemu dengan seorang h amba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami.

Ayat2 serupa lainnya dari Qur'an:
Allah bicara pada Musa dan memilihnya jadi utusanNya bagi masyarakatnya…. 7:144
Allah bicara pada Musa secara langsung…. 4:164
Allah bicara langsung pada Musa dan dia adalah yang pertama yang percaya Islam… 7:143
Musa minta ijin malaikat untuk mengikutinya agar bisa belajar darinya… 18:66
Allah mengirim Musa dan saudaranya Harun dengan wahyu illahi dan bukti nyata… 23:45
Allah memilih Musa sebagai utusanNya dan memerintahkannya untuk menyembah Dia saja…. 20:14
Allah menurunkan buku pada Musa dan membuat Harun saudaranya menjadi pembantunya…. 25:35


14. Zayd menulis: Katakan pada Firaun: Apakah kau menghamparkankan bumi tanpa penopang…..?

Qur'an menyatakan:
Allah meninggikan surga tanpa pilar2 (pertama-tama?), (lalu?) mendirikan SinggasanaNya, (lalu?) menempatkan matahari dan (lalu?) bulan untuk berlari di jalurnya; Dia mengatur segala hal…. 13:2

Q 13:2
Allah-lah Yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan (mu) dengan Tuhanmu.

Ayat2 serupa lainnya dari Qur'an:
Allah menciptakan surga tanpa pilar (penopang) sehingga kau bisa melihat dan Dia meletakkan gunung2 teguh agar bumi tidak goyah; Dia menyebarkan berbagai jenis binatang berpasangan…. 31:10
Allah menunjuk Harun, saudara Musa, untuk jadi pembantunya dan menetapkan kemenangan Musa melawan Firaun…. 28:35
Allah memerintahkan Musa menghadap Firaun agar dia bertobat…. 79:17-19


15. Zayd menulis:…. Meletakkan bulan di tengah2 sebagai cahaya untuk membimbing ketika malam menyelimutinya….

Qur’an menyatakan:
Allah menciptakan bulan sebagai cahaya di tengah2 langit dan matahari sebagai pelita… 71:15-16.

Q 71:15-16
[15] Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah menciptakan tujuh langit bertingkat-tingkat?
[16] Dan Allah menciptakan padanya bulan sebagai cahaya dan menjadikan matahari sebagai pelita?

Ayat2 serupa lainnya dari Qur'an:
Allah menjadikan gugusan bintang di langit dan meletakkan pelita (matahari) dan bulan yang bersinar (= bulan yang memancarkan sinar)…. 25:61
Allah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan bagi manusia…. 16:12
Allah menciptakan matahari dan bulan di siang dan malam hari untuk perhitungan waktu…. 6:96
Allah menciptakan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan menetapkan tempat2nya; matahari dan bulan untuk menghitung tahun dan waktu…. 10:5
Matahari dan bulan beredar…. 14:33
Allah memassukan malam ke dalam siang dan menundukkan matahari dan bulan berlari di waktu yang ditentukan…. 31:29
Allah menetapkan bagi bulan manzilah2 sampai bulan kembali sebagai bentuk daun palem tua… 36:39
Matahari tidak diperbolehkan mencapai bulan; malam tidak bisa mendahului siang…36:40


16. Zayd menulis: Siapakah yang menanamkan benuh di tanah sehingga tanam2an tumbuh….

Qur'an menyatakan:
Allah menciptakan tanda2 kebesaranNya dalam tanam2an… 13:4

Q 13:4
Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.

Manusia tidak dapat menumbuhkan pohon2an dan tanam2an… 27:60

Q 27:60
Atau siapakah yang telah menciptakan langit dan bumi dan yang menurunkan air untukmu dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu kebun-kebun yang berpemandangan indah, yang kamu sekali-kali tidak mampu menumbuhkan pohon-pohonnya? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Bahkan (sebenarnya) mereka adalah orang-orang yang menyimpang (dari kebenaran).

Ayat2 serupa lainnya dari Qur'an:
Hujan, tanaman di bumi dan jerami merupakan tanda2 Allah; Dia maha kuasa… 18:45
Allah menurunkan hujan dari langit bagi tanaman agar tumbuh dan memberi hidup tanah yang mati…. 50:9-11
Allah menumbuhkan kamu bagaikan tanam2an di bumi… 71:17


17. Zayd wrote: Terdapat tanda2 untuk mengerti

Qur'an menyatakan:
Qur’an penuh dengan berkah dan buku pertanda; orang yang berpengetahuan yakin akan Qur’an… 38:29

Q 38:29
(Here is) a Book which We have sent down unto thee, full of blessings, that they may mediate on its Signs, and that men of understanding may receive admonition.

Versi Indonesia:
Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.

Ayat2 serupa lainnya dari Qur'an:
Penciptaan surga dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, perahu2 berlayar di lautan, hujan dari langit, tumbuhnya tanam2an di tanah mati, hewan2 menyebar, perubahan angin dan awan merupakan tanda2 Allah…. 2:164
Bumi dan perubahan malam dan siang merupakan tanda2 Allah…. 3:190
Perubahan malam dan siang dan semua yang di bumi merupakan tanda2 Allah…. 10:6
Hujan, tanaman di bumi dan jerami merupakan tanda2 Allah yang maha kuasa… 18:45
Tanda2 Allah terdapat di ternak di padang rumput; Allah menciptakan manusia dari tanah, manusia akan kembali jadi tanah dan dari tanah pula akan diciptakan manusia… 20:54
Terdapat tanda2 kekuasaan Allah di bumi… 51:20


18. Zayd menulis: .... menyelamatkan Yunus yang tinggal ber-malam2 di perut ikan

Qur’an menyatakan:
Allah menyelamatkan Yunus (Zun Nun) dari kegelapan (perut ikan besar)…. 21:87-88

Q 21:87-88
[87] Dan (ingatlah kisah) Zun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: "Bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang lalim."
[88] Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya daripada kedukaan. Dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.

Ayat2 serupa lainnya dari Qur'an:
Karena pemberontakannya, seekor ikan besar menelan Yunus… 37:142
Tapi Yunus bertobat dan berdoa pada Allah dan Allah menyelamatkannya dari ikan besar… 37:143-144
Allah membuat ikan memuntahkan Yunus di padang pasir… 37:145


19. Zayd menulis: Bumi…. terhampar…. gunung2 tertancap di atasnya

Qur’an menyatakan:
Allah membuat bumi terhampar rata seperti karpet, menancapkan gunung2… 15:19

Q 15:19
And the earth We have spread out (like a carpet); set thereon mountains firm and immovable; and produced therein all kinds of things in due balance.

Versi Indonesia:
Dan Kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran.
(Adadeh: perhatikan bahwa terjemahan Inggris selalu mengikutsertakan kata2 “like a carpet” (seperti karpet) tapi terjemahan Indonesia tidak mencantumkan hal itu. Ulama2 Indonesia malu mengakui kali: masakan bumi rata bagaikan karpet terhampar.)

Ayat2 serupa lainnya dari Qur'an:
Allah menghamparkan bumi rata, menancapkan gunung2, meletakkan malam sebagai cadar…. 13:3
Allah menancapkan gunung2 agar bumi tidak guncang… 16:15
Allah menghamparkan bumi seperti menghamparkan karpet; Allah menciptakan berbagai pasangan tanam2an… 20:53
Allah menempatkan gunung2 tinggi kokoh agar bumi tidak guncang bersamanya dan menciptkan jalan2 luas agar manusia dapat petunjuk… 21:31
Allah menciptakan bumi tempat hidup; Dia menciptakan sungai2 di bumi, meletakkan gunung2 kokoh dan memisahkan air… 27:61
Bumi itu bagaikan karpet yang rata terhampar dan Allah mendirikan jalan2…. 43:10
Allah menghamparkan bumi secara rata dan menancapkan gunung2 kokoh… 50:7
Allah membuat gunung2 berdiri kokoh dan menyediakan air manis…. 77:27
Allah meletakkan gunung2 sebagai pasak (atau peneguh) agar bumi tidak goyah… 78:7
Bumi terhampar rata… 88:20
Allah memancangkan gunung2 dengan teguh… 79:32
Gunung2 tertancap teguh… 79:32
Gunung2 tertancap teguh karena kekuasaan Allah… 88:19


20. Zayd wrote: ... .awan2 yang membawa air manis….

Qur’an menyatakan:
Allah mencurahkan air dari awan2 untuk menumbuhkan tanam2an dan taman2… 78:14-16

Q 78:14-16
078.014 And do We not send down from the clouds water in abundance,
078.015 That We may produce therewith corn and vegetables,
078.016 And gardens of luxurious growth?

Versi Indonesia:
[14] dan Kami turunkan dari awan air yang banyak tercurah,
[15] supaya Kami tumbuhkan dengan air itu biji-bijian dan tumbuh-tumbuhan,
[16] dan kebun-kebun yang lebat?

Ayat2 serupa lainnya dari Qur’an:
Allah menipukan angin untuk membawa awan mendung agar turun hujan di tanah mati untuk menghasilkan buah2an…. 7:57
Allah meniupkan awan2 dan menurunkan hujan dan butiran es… 24:43
Allah meniupkan angin, angin menggerakkan awan, memecah awan menjadi bagian2 kecil sampai hujan turun…. 30:48
Allah membuat gunung2 berdiri kokoh dan menghasilkan air manis… 77:27

Bibliography
"The Holy Qur'an," the internet version of three English translations can be read at: http://www.usc.edu/dept/MSA/reference/reference.html
Ali, Abdullah, Yusuf, "The Holy Qur'an: Translation and Commentary," Amana Corp., Brentwood, Maryland, 1983.
al-Bukhari, Muhammad b. Ismail, "Sahi Bukhari," translated in English by Dr Muhammad Muhsin Khan: [http://www.usc.edu/dept/MSA/fundamentals/hadithsunnah/bukhari/]
Muslim, Abu al-Hussain b. al-Hajjaj al-Qushairi, "Sahi Muslim," translated in English by Abdul Hamid Siddiqui: [http://www.usc.edu/dept/MSA/fundamentals/hadithsunnah/muslim/]
Hughes, Patrick Thomas, "A Dictionary of Islam;" first published in 1886; latest reprint by Kazi Publications In., Chicago, 1994.
"The Origins of the Koran,"edited by Ibn Warraq, Prometheus Books, Amherst, New York, 1998.
Ibn Ishaq, Muhammad b. Yasr, "Sirat Rasul Allah," translated in English by A. Guillaume; first by published by Oxford University Press, London in 1955; fifteenth reprint by Oxford University Press, Karachi, Pakistan, 2001.
Ibn Sa'd, Abu Abd Allah Muhammad, "Kitab al-Tabaqat," vol i, translated in English by S. Moinul Haq, Kitab Bhavan; 1784, Kalam Mahal, Daraya Ganj, New Delhi, India, 1972.
Ibn Sa'd, Abu Abd Allah Muhammad, "Kitab al-Tabaqat," vol ii, translated in English by S. Moinul Haq, Kitab Bhavan; 1784, Kalam Mahal, Daraya Ganj, New Delhi, India, 1972.
Ibn al-Kalbi, Hisham, "The Book of Idols (Kitab Al-Asnam)," translated in English by Nabih Amin Faris, Princeton University Press, 1952. [http://www.answering-islam.org/Books/Al-Kalbi/index.htm]
al-Misri, Ahmed ibn Naqib, "Raliance of the Traveller ('Umdat al-Salik)," revised edition, translated by Nuh Ha Mim Keller, Amana Publications, Bettsville, Maryland, 1999.

Tidak ada komentar: