Senin, 30 Juni 2008

KUMPULAN CERITA2 DONGENG DALAM QURAN/ISLAM ( LANJUTAN 7)

XVIII ANAK LEMBU EMAS YANG BERSUARA (MELENGUH).

Q20.88
[88] kemudian Samiri mengeluarkan untuk mereka (dari lubang itu) anak lembu yang bertubuh dan bersuara, maka mereka berkata: "Inilah Tuhanmu dan Tuhan Musa, tetapi Musa telah lupa". Maka apakah mereka tidak memperhatikan bahwa patung anak lembu itu tidak dapat memberi jawaban kepada mereka, dan tidak dapat memberi kemudaratan kepada mereka dan tidak (pula) kemanfaatan?

Q7.88
[147] Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan mendustakan akan menemui akhirat, sia-sialah perbuatan mereka. Mereka tidak diberi balasan selain dari apa yang telah mereka kerjakan. [148] Dan kaum Musa, setelah kepergian Musa ke gunung Thur membuat dari perhiasan-perhiasan (emas) mereka anak lembu yang bertubuh dan bersuara. Apakah mereka tidak mengetahui bahwa anak lembu itu tidak dapat berbicara dengan mereka dan tidak dapat (pula) menunjukkan jalan kepada mereka? Mereka menjadikannya (sebagai sembahan) dan mereka adalah orang-orang yang lalim.

Dalam ayat surah 7 dan diulangi dalam surah 20 (sebagaimana kebiasaan Quran menulang-ulang cerita), dikatakan bahwa anak sapi itu dapat melenguh (say moo) tapi tidak bisa bicara. Jadi Quran setuju bahwa anak sapi emas (sebagimana juga anak sapi benaran) bisa melenguh tapi tidak bisa berbicara….! Tapi meskipun cuman melenguh, bagaimana itu bisa terjadi ? Seperti cerita Pinokio aja.

Sumber legenda itu sebenarnya mungkin berasal dari Yahudi, seperti yang tertulis dalam Pirqey Rabbi Elizer 45, “ Dan anak sapi ini melenguh, dan seluruh Israel melihatnya. Rabbi Yehudah berkata bahwa Sammael (dalam Quran dikelirukan dengan Samiri atau orang Samaritan yang belum ada pada jaman Musa )bersembunyi dalam ruangan dalamnya, dan melenguh supaya dapat menipu orang Israel.”

Dalam sumber Yahudi itu, anak sapi bisa melenguh, kerena Sammael bersembunyi dalam ruang dalamnya, tapi Muhammad menafsirkan cerita itu secara harfiah, sehingga munculah cerita anak sapi bisa melenguh tapi tidak bisa bicara…

Sumber : http://www.answering-islam.org/Books/Tisdall/Sources/chap3.htm

Pirqey (chapters) Rabbi Elizer adalah koleksi Haggadic (dongeng) yang disusun pada awal abad ke 9 Masehi, oleh penulis yang tidak dikenal yang menganggapnya berasal dari Rabbi Eliezer ben Hyrcanus awal abad ke 2 Masehi. Sebagaimana diketahui dongeng-dongeng Yahudi banyak yang berasal dari tradisi oral, yang kemudian dibukukan. Tapi muslim biasanya menyanggah masalah contekan Quran ini dengan menunjukan tanggal kompilasi Pirkey Rabbi Elizer yaitu abad ke 9 sementara Quran ditulis sebelumnya; bahkan malah membalikkan cerita dengan teori Yahudi “mencontek” Quran.

Tapi bagaimanapun cerita anak sapi bisa melenguh (meskipun tidak bisa bicara) adalah isapan jempol Quran, yang lebih mungkin lebih masuk akal bila berasal dari salah interpretasi Muhammad (sebagaiman seringkali terjadi) mengenai suatu dongeng Yahudi yang didengarnya, dan diartikannya secara harfiah.

Link Pirqey Rabbi Elizer (belum ada terjemahan Inggris).
http://www.usc.edu/dept/huc-la/pre-project/graphics/pre04/pre0445a.jpg

Tidak ada komentar: