Senin, 30 Juni 2008

KUMPULAN CERITA2 DONGENG DALAM QURAN/ISLAM ( LANJUTAN 8)

XIX AL-MASIH AD-DAJJAL.
Quote:

Islam's final 'jihad'
http://edition.cnn.com/SPECIALS/1999/at2000/stories/religion/index.htm l

For Muslims, the world is destined to witness a great final battle between a demonic being called the Dajjal (Arabic for "the Deceiver"), similar to the Christian Antichrist, and the Mahdi, a descendant of Mohammed. The Mahdi's victory will usher in a millennium of peace, followed by final judgment.

Islamic fundamentalists today often associate the Dajjal with Israel or the United States, countries perceived to be enemies of Islam. Consequently, extremists such as Osama bin Laden, who has declared a holy war against these nations, are considered by some Muslims as candidates for the Mahdi, the Muslim messianic figure.

Islamic moderates, on the other hand, tend to associate the Mahdi with mainstream leaders such as Jordan's King Abdullah, according to Landes of the Center for Millennial Studies.



DAJJAL, meskipun tidak disebut dalam Quran, tetapi merupakan sebutan yang populer dikalangan muslim. Biasanya menunjuk ke Iblis seperti yang diriwayatkan dalam hadis-hadis. Salah satu alasan muslim berkeinginan menyerang seluruh kafir kerena mereka percaya bahwa kafir (terutama Barat dan Israel) digerakan oleh Dajjal untuk menekan dunia Islam, Dajjal inilah yang kemudian katanya akan muncul di akhir jaman.

Al-Masih berarti Mesias atau Kristus (yang diurapi), sementara Dajjal berarti penipu atau pembohong/pemalsu. Jadi Al-Masih Ad-Dajjal artinya Mesias Palsu. Penyusun Qanus berkata bahwa paling sedikit ada limapuluh pertimbangan yang menunjuk kenapa dipanggil Al-masih. Beberapa berkata kerena ia matanya akan disentuh (masah) dan dibutakan, yang lain berpendapat kata itu berasal dari masikh, artinya seorang “monster”.

Tapi kelihatannya Muhammad mengambil alih istilah itu dari Kristen Syriac dan barangkali secara tidak langsung dari Zoroastrianism . Kristen Syriac menyebut Iblis sebagai “dajal” yaitu penipu (Liar) dan akan muncul di hari kiamat. Istilah itu didasarkan pada Bibel Perjanjian Baru mengenai akan munculnya Mesias-Mesias palsu di hari kiamat. Dalam agama Pesia (Zorroaster) Ahariman (kekuatan gelap) juga disebut DRUJ (Pembohong) yang akan berperang melawan Ahura Madza (the wise Lord) dihari akhir.

Perhatikan kutipan hadis di bawah ini :

Kutipan Hadis sahih Bukhari 4 no 553 :
Diriwayatkan Ibn Umar :
Suatu kali rasulullah berdiri di antara orang-orang, memuliakan dan memuji Allah sebagamana ia layak menerimanya dan kemudian menyebutkan Dajjal dan berkata, “ Aku mengingatkan engkau melawannya (Dajjal) dan tidak ada nabi kecuali memperingatkan bangsanya melawan dia. Tidak dapat disangkal, Nuh memperingatkan bangsanya melawan dia tetapi aku berkata kepadamu tentang sesuatu dimana tidak ada nabi menceritakan kepada bangsanya sebelum aku. Engkau perlu tahu bahwa ia (Dajjal) BERMATA SATU, dan ALLAH TIDAK BERMATA SATU.”

Kutipan Hadis sahih Bukhari 40 no 6931 :
Diceritakan Hudhayfah ibn Usayd Ghifari :
Rasulullah mendadak datang kepada kami saat sedang berdiskusi. Ia berkata : Apa yang sedang engkau perbincangkan ? Para sahabat berkata : kami sedang memperbincangkan tentang akhir jaman.
Setelah itu ia berkata : Itu tidak akan datang sampai engkau melihat sepuluh tanda sebelumnya dan ia membuat sebuah petunjuk mengenai asap, Dajjal, binatang buas, TERBITNYA MATAHARI DARI BARAT, turunnya Isa anak Maryam, Gog dan Magog, runtuhnya bumi dalam tiga tempat, satu di Timur, satu di Barat dan satu di Arabia yang terakhir dimana api akan membakar keluar dari Yemen, dan akan menggiring manusia ke tempat berkumpulnya mereka.

Sahih Muslim 40 no 7034 :
Diriwayatkan Anas ibn Malik :
Rasulullah berkata : Dajjal akan diikuti oleh tujuh puluh ribu Yahudi Isfhan yang mengenakan syal Persia.

Sunan Abu Da'ud 37 no 4306 :
Rasulullah berkata : Aku telah menceritakan begitu banyak tentang Dajjal yang aku takut engkau tidak mengerti. Dajjal itu PENDEK, berambut seperti wool, berceker ayam, BERMATA SATU, SEBUAH MATANYA BUTA, tidak menonjol maupun melesak. Bila engkau dibingungkan tentang dia, ketahuilah bahwa TUHANMU TIDAK BERMATA SATU.

Dari kutipan hadis di atas, dapat disempulkan bahwa Muhammad mengartikan Dajjal sebagai penjelmaan Iblis yang berwujud menyeramkan : Pendek, Keriting, bermata satu sementara Tuhan (juga berwujud manusia) bermata langkap (dan ganteng ?).

Dalam beberapa riwayat dan hadist(mis: Muslim 40.6924) disebutkan bahwa pada akhir jaman Muslim akan menyerang Konstantinopel dan Roma dalam perang besar (Al-Malhamah Al-Kubrah) selama 6 bulan dan pada bulan yang ketujuh Dajjal akan muncul. Juga dalam Hadis sahih Bukhari (vol 3 no 106) disebutkan bahwa Dajjal bisa menghidupkan orang yang mati dan dilarang memasuki Medinah. Isa/Jesus juga disebutkan sebagai yang akan membunuh Dajjal dan akan menjadi Mahdinya Muslim melawan pengikutnya sendiri termasuk kegiatan anehnya membunuh babi !!.

Kisah mengenai Antichrist (Dajjal) sebenarnya berawal dari tiga sumber Yahudi : Ketuvim (mis Kitab Ezekiel), Midrash plus pengaruh mitos Persia dan Babylonia, yang bercerita mengenai munculnya kekuatan jahat di hari akhir melawan Israel yang direpresentasikan oleh Gog pangeran tanah Magog yang akan muncul di atas Zion.

Pada masa Makabean, orang-orang Yahudi yang merasa ada jurang antara Judaism dan filsafat kafir memunculkan ide mengenai keselamatan yang bersifat universal dan tidak hanya untuk Yahudi, dimana dunia yang korup digantikan dengan kerajaan Allah. Konsep ini juga merupakan salah satu tema dalam kekristenan. Istilah-istilah Mesiah palsu, Gog dan Magog, binatang buas, Roma, disebut dalam kitab-kitab perjanjian baru (mis Kitab Wahyu) dan sangat akrab di telinga orang-orang Nasrani.

Pada masa-masa kemudian pemahaman Antichrist lebih literal dan berfokus pada pengertian Antichrist sebagai “superhuman” yang merupakan pewujudan Setan, (seperti cerita-cerita dalam film fiksi horror) dengan sebutan beragam seperti Belial, Ahariman (Persia), Armilus(kata Aram untuk Romulus), Satan, Iblis, yang bertanduk dan bertuliskan huruf 666 dijidatnya (Muhammad menggambarkannya dengan mata satu dan tulisan Dajjal di keningnya !)

Meskipun kisah-kisah kemunculan itu mirip cerita Nasrani tapi jalan cerita sudah dipermak sedemikian rupa oleh Muhammad, sehingga muslim menjadi jagoannya sementara non muslim (termasuk Yahudi dan Nasrani) sebagai banditnya dan kota Jerusalem diganti dengan Mekkah dan Medinah. Meski kisah-kisah itu tidak tercantum dalam Quran(dimana sebenarnya muslim tidak bisa mengklaim sebagai wahyu Tuhan) melainkan hanya cerita fiksi horror dari mulut Muhammad , namun muslim sangat percaya sehingga mengilhami mereka untuk melakukan terror melawan kekuatan Dajjal.

---------------------------------------------------------------------- -
Cuplikan tulisan Aramic st Ephraim the Syrian (306 to 373) :

6. Saat akhir jaman datang, sang pembinasa dan PENDUSTA, yang mengerikan akan lahir dari suku Dan (salah satu suku Yahudi). Dia akan dikandung dari benih seorang pria dan seorang perawan yang paling hina, bergaul dengan roh jahat yang hina.
7……………….Oleh kerena itu ketika ia medapatkan kerajaan, ia memerintahkan kuil Tuhan dibangun kembali untuk dirinya sendiri, di Jerusalem ; yang sesudah masuk kedalamnya, dia akan duduk sebagai Tuhan dan memerintahkan untuk disembah oleh segala bangsa………………

---------------------------------------------------------------------- -
Dalam apokalips Persia, Iran akan dikuasai oleh kekuatan gelap Ahariman yang akan merenggut kemerdekaannya. ……..yaang berasal dari ras Kemarahan ?

Zand-i Vohuman Yasht 2.36 :
36. ‘Dan dalam jaman kekacauan (membingungkan), O Zartosht the Spitaman!— rejim Kemarahan dengan tombak kegeraman dan Iblis dengan rambut yang amburadul dari ras Kemarahan,------
http://www.avesta.org/mp/vohuman3.html

Penggambaran Dajjal dengan fisik menyeramkan barangkali pengaruh dari Hinduism yang kemudiaan menjadi tradisi Arab. Asura dalam Hindu adalah musuh Dewa-Dewa. Dalam kitab Ramayana setan-setan digambarkan dalam berbagai bentuk seperti tubuh kecil dan tangan-tangannya yang panjang, atau bermata satu atau bermata tiga, dsb. Dalam Mahabharata Vartika digambarkan mempunyai satu sayap, satu mata, dan satu kaki.

Link yang berkaitan :
http://www.jewishencyclopedia.com/view.jsp?artid=1577&letter=A
Kitab Wahyu kepada Yohannes:
http://www.sabda.org/sabdaweb/bible/chapter/?b=66
Dictionary :
http://answering-islam.org.uk/Books/Hughes/index.htm

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Dulu aku pribadi pernah bersikap netral dengan maksud perbandingan antar agama,tapi sekarang Semoga aku selalu fanatik dan tetap teguh dalam iman islam sampai akhir hayat.