Senin, 30 Juni 2008

KUMPULAN CERITA2 DONGENG DALAM QURAN/ISLAM ( LANJUTAN 9)

XX KISAH SITI MARYAM dan ZAKARIYA.

Dalam kisah ini secara eksplisit Quran mengatakan Muhammad mendapatkannya dari “berita gaib”. Oleh kerena itu perlu diuji apakah memang berasal dari berita gaib.

Q3.33-37
[33] Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga Imran melebihi segala umat (di masa mereka masing-masing),
[34] (sebagai) satu keturunan yang sebagiannya (keturunan) dari yang lain. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
[35] (Ingatlah), ketika istri Imran berkata: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang saleh dan berkhidmat (di Baitulmakdis). Karena itu terimalah (nazar) itu dari padaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui".
[36] Maka tatkala istri Imran melahirkan anaknya, dia pun berkata: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada setan yang terkutuk."
[37] Maka Tuhannya menerimanya (sebagai nazar) dengan penerimaan yang baik, dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan Allah menjadikan Zakaria pemeliharanya. Setiap Zakaria masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan di sisinya. Zakaria berkata: "Hai Maryam dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?" Maryam menjawab: "Makanan itu dari sisi Allah". Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab

Cerita ini kelihatannya bersumber pada Injil apokrip Protevangelium of James . Dalam tulisan itu diceritakan mengenai Yoakhim (tapi dalam Quran bernama Imran bapaknya Harun dan Musa) yang pergi ke padang gurun berpuasa kerena tidak punya keturunan. Lalu Anna istrinya terus meratap dan berdoa, sehingga akhirnya Tuhan mendengar doanya. Dan Annapun menazarkan anak yang akan lahir itu kepada Tuhan. Ketika akhirnya Maryam lahir, pada umur 2 tahun mereka membawanya ke kuil Yerusalem. Dalam Kuil Maryam mendapat makanan dari malaikat.

Kutipan Protevangelium of Jamaes :

PJ 4.1
1. Dan lihatlah seorang malaikat Tuhan datang, berkata kepadanya : Anna, Anna, Tuhan telah mendengar doa mu, dan engkau akan mengandung dan melahirkan, dan benih mu akan dibicarakan di seluruh dunia. Dan Anna berkata : Dalam Tuhan Allah ku yang hidup, bila aku melahirkan baik lelaki maupun perempuan, aku akan membawanya sebagai nazar untuk Tuhan Allahku. Dan ia akan malayani Tuhan (di kuil ) seumur hidupnya.

PJ 8.1b
1.b. Dan Maria di dalam kuil Tuhan bagaikan merpati yang dipelihara :dan dia menerima makanan dari tangan seorang malaikat.

Q3.38-41
[38]. Di sanalah Zakariya berdo'a kepada Tuhannya seraya berkata: "Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar do'a".
[39]. Kemudian Malaikat (Jibril) memanggil Zakariya, sedang ia tengah berdiri melakukan shalat di mihrab (katanya): "Sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kelahiran (seorang puteramu) Yahya, yang membenarkan kalimat (yang datang) dari Allah, menjadi ikutan, menahan diri (dari hawa nafsu) dan seorang Nabi termasuk keturunan orang-orang saleh".
[40]. Zakariya berkata: "Ya Tuhanku, bagaimana aku bisa mendapat anak sedang aku telah sangat tua dan isteriku pun seorang yang mandul?". Berfirman Allah: "Demikianlah, Allah berbuat apa yang dikehendaki-Nya".
[41]. Berkata Zakariya: "Berilah aku suatu tanda (bahwa isteriku telah mengandung)". Allah berfirman: "Tandanya bagimu, kamu tidak dapat berkata-kata dengan manusia selama tiga hari, kecuali dengan isyarat. Dan sebutlah (nama) Tuhanmu sebanyak-banyaknya serta bertasbihlah di waktu petang dan pagi hari".

Cerita kemudian melompat pada kisah Zakariya. Terlihat bahwa susunan cerita dalam ayat ini kacau. Nama Zakaria tahu-tahu muncul dan menjadi pemelihara Maryam.Dalam Quran kelihatannya Maryam masih kecil ketika Yahya lahir, padahal dalam Injil Lukas ketika istri Zakharia mengandung, Maryam juga sedang mengandung. Dalam versi Quran Zakariya hanya bisu selama 3 hari, dan sepertinya Muhammad dikacaukan dengan cerita butanya Saul selama 3 hari.

Quran kemudian menyebut cerita Maryam dan Zacharia itu sebagai “berita Gaib” menyebutkan tentang peristiwa buang undi untuk menentukan siapa yang memlihara Maryam.

Q3.44
[44] Yang demikian itu adalah sebagian dari berita-berita gaib yang Kami wahyukan kepada kamu (ya Muhammad); padahal kamu tidak hadir beserta mereka, ketika mereka melemparkan anak-anak panah mereka (untuk mengundi) siapa di antara mereka yang akan memelihara Maryam. Dan kamu tidak hadir di sisi mereka ketika mereka bersengketa.

Kutipan Protevangelium of Jamaes 8.1-3 dan 9.1 :

PJ 8.2-3
2 Dan ketika di berumur 12 tahun, disana ada majelis imam, berkata : Lihatlah Maria berumur 12 tahun dalam Kuil Tuhan. Apa yang akan kita lakukan dengannya ? Kalau-kalau ia mengotori altar Tuhan. Dan mereka berkata pada imam besar : Engkau menghadap altar Tuhan. Masuk dan berdoa mengenainya : Dan apapun yang Tuhan wahyukan padamu akan kami ikuti.
3. Dan imam besar mengambil jubahnya kebesarannya dengan duabelas lonceng dan masuk ke ruang maha kudus dan berdoa mengenainya (Maria). Dan lihatlah, seorang malaikat tampil dan berkata padanya : Zacharias pergilah dan kumpulkan para duda , dan biarkan mereka membawa tiap orangnya sebuah tongkat (rod) , dan kepada siapa Tuhan memberi tanda, ia akan menjadi istrinya. Dan para pewarta pergi keseluruh negeri Judea, dan terompet Tuhan dibunyikan, dan orang-orang berlarian ke tempat itu.
PJ 9.1
1. Dan Yusuf melemparkan kapaknya dan lari untuk bergabung dengan mereka, dan ketika mereka dikumpulkan bersama ke imam besar dan membawa tongkat-tongkat mereka. Dan ia mengambil tongkat-tongkat mereka semua dan masuk ke kuil berdoa. Dan ketika ia selesai berdoa dia mengambil tongkat-tongkat itu dan keluar dan mengembalikannya kepada mereka : tetapi tidak ada tanda atas mereka. Tetapi Yusuf menerima tongkat yang terakhir: dan lihatlah, seekor burung merpati turun ke tongkatdan terbang diatas manik-manik Yusuf. Dan imam berkata pada Yusuf : Kepada mu jatuh pilihan untuk membawa perawan Tuhan dan menjaganya demi dirimu.

Pada bagian akhir PJ 9.1 disebutkan tugas Yusuf sebagai suami menjaga Maryam.

Protevangelium of Jamaes adalah kitab apokrip Kristen yang berasal dari abad ke 2 M. Penulis PJ banyak melakukan kesalahan yang berkaitan dengan prosedur di Kuil Yerusalem. Juga kesalahan sejarah dengan menyebut Zakharia sebagai Imam Besar. Disamping itu isinya dipenuhi peristiwa-peristiwa ajaib yang berlebihan dan dalam kisah ini Mayam terlihat sebagai orang penting, padahal kenyataannya Yahudi menyebut Maryam sebagai penzinah.

Namun Quran lebih kacau lagi kerena tidak saja buta terhadap keadaan Kuil Yerusalam , tetapi juga ceritanya tanpa kronologis dan melompat-lompat. Quran juga mengacaukan Zakharia ayah Yahya Pembatis dengan nabi Zakharia yang hidup 5 abad sebelumnya serta menyamakan nama ayah Maryam dengan ayah Musa yang juga saudara Miryam (nabiyah) yaitu Amran.?? Serta memasukkan ibadah jahillyah di kabah yaitu mengundi dengan menggunakan anak panah (di depan berhala Hubal) . Jadi ini berita gaib atau berita jadi-jadian ?

Link Protevangelium of Jamaes :
http://www.earlychristianwritings.com/infancyjames.html

Tidak ada komentar: