Senin, 30 Juni 2008

KUMPULAN CERITA2 DONGENG DALAM QURAN/ISLAM (LANJUTAN 3)

LANJUTAN TUJUH LANGIT LAPIS ……………………..

Kutipan dari Talmud Tract Hagiga :
http://www.sacred-texts.com/jud/t03/hgg03.htm
……………………………………………
Resh Lakish berkata, mereka (langit) ada tujuh, yaitu : Vilon, Rakhia, Shchakim, Zbul, Maon, Makhon, Araboth. Vilon tidak ada kegunaan apapun selain ini , ia muncul di pagi hari dan pergi di petang hari, dan memperbaharui setiap hari karya penciptaan. Rakia adalah yang tempat kedudukan matahari dan bulan, bintang-bintang dan gugus bintang. Shchakim adalah tempat baru gerinda berdiri dan menggerinda manna (makanan surgawi) untuk orang-orang kudus. Zbul adalah tempat dimana Jerusalem Surgawai dan Kuil, altar dibangun di sana, dan malaikat Michael pangeran agung berdiri dan menawarkan atas suatu tawaran. Maon adalah tempat kelompok malaikat-malaikat yang melayani Allah, yang melantunkan nyanyian Nya di malam hari dan diam di siang hari demi kemuliaan Israel…… Makhon adalah tempat d perbendaharaan salju,………………………..dst.

Menurut para Rabbi, kalau malam langit ditutup(seperti jendela & gorden).Pagi hari sampai petang lapisan vilon muncul. Tiap hari seluruh ciptaan diperbaharui oleh vilon, dan menjelang malam langit diselubungi oleh selubung malam (the veil of darkness), silih berganti siang malam berkejaran…………….

Perhatikan ayat Quran di bawah ini :

Q7.54 :
[54] Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas Arasy. Dia menutupkan malam ((the veil of the night )kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.

Surah Luqman: 29
[29]“Tidakkah engkau memerhatikan bahawa Allah SWT memasukkan malam pada siang dan memasukkan siang pada malam (silih berganti).”

Q91.1-5
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
[1] Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, [2] dan bulan apabila mengiringinya, [3] dan siang apabila menampakkannya, [4] dan malam apabila menutupinya, [5] dan langit serta pembinaannya, [6] dan bumi serta penghamparannya,

Q92.1-2
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
[1] Demi malam apabila menutupi (cahaya siang), [2] dan siang apabila terang benderang, …

Q67.5
[5] Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar setan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala.

Lapisan-lapisan 7 langit ini diuraikan secara mendetail ddalam mistik Yahudi yaitu kaballah keperti yang tertulis Zohar dan Sepher ha-Razim.

XIII PENCIPTAAN LANGIT DAN BUMI.

Q 21:30
Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?

Q 41:11
Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: "Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa". Keduanya menjawab: "Kami datang dengan suka hati".

Kisah penciptaan di atas, jelas berasal dari Judaism, meskipun pemisahan langit dan bumi dikenal oleh Hindu,Mesopotamia dan Mesir:

Menurut Bibel, pada mulanya Tuhan menciptakan langit dan bumi, bumi belum berbentuk dan kosong (Kej 1:1). Dalam perbincangan para Rabbi di Tract Hagiga, para rabbi menyimpulkan bahwa langit dan bumi diciptakan pada hari pertama, secara bersamaan (meskipun ada yang berpendapat langit dulu atau bumi dulu tapi dalam hari yang sama).

R. Jehudah dalam nama Rabh berkata : Sepuluh hal yang diciptakan pada hari pertama, yaitu : LANGIT dan bumi; chaos dan ketandusan; cahaya dan kegelapan; angin dan air; dst………………………..

Link Tract Hagigah : http://www.sacred-texts.com/jud/t03/hgg03.htm

Ini sesuai dengan pendapat ahli filsafat Yahudi Philo (15BC-45AD} bahwa segala sesuatu diciptakan pada hari pertama tapi belum berbentuk (raw material), Tuhan kemudian mengarasemennya dalam 5 hari.

Kemudian (Kej 1:6) pada hari yang KEDUA Tuhan membuat cakrawala (firmament/Rakia) untuk memisahkan air dari air. Rakia seperti tertulis Tract Hagiga adalah lapisan langit (tempat beredarnya matahari dan bulan). Maka dapat dikatakan, pekerjaan Tuhan pada hari yang kedua adalah memisahkan langit dengan bumi seperti yang dimaksud oleh Quran.

Sesudah firmament dibentuk, maka Tuhan mengatur air di bumi (memisahkan air asin dan tawar). Dalam Kej 2:9, kehidupan muncul sesudah Tuhan menurunkan hujan (tawar). Jadi air memunculkan kehidupan (seperti juga pendapat Philo), yang kemudian dikutip oleh Muhammad menjadi :”Dari air kami jadikan segala sesuatu yang hidup…………”

Menurut Philo, yang dimaksud dengan 6 hari penciptaan, bukanlah benar-benar rentang waktu yang dibutuhkan Tuhan, kerena Tuhan yang Maha Kuasa bisa menciptakan dalam sekejap “jadilah”; tapi kerena ciptaan memerlukan aransemen (harmony), dan bilangan enam adalah bilangan produktip. Jadi apa itu dibilang 6 hari, 6 masa, atau 6 periode tidak masalah.
Link : http://www.earlyjewishwritings.com/text/philo/book1.html

Dan para rabbi Yahudi juga mengatakan langit adalah “the place where there is water” dan merupakan campuran antara air dan api, yang awalnya tanpa bentuk. Air tanpa bentuk dapat digambarkan sebagai kabut (fog) atau asap, seperti yang dikatakan Quran.

Pengaruh Zoroastrian pada dongeng penciptaaan Quran.

Q41
[9] Katakanlah: "Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada Yang menciptakan bumi dalam dua masa dan kamu adakan sekutu-sekutu bagi-Nya? (Yang bersifat) demikian itulah Tuhan semesta alam". [10] Dan Dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni) nya dalam empat masa. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya. [11] Kemudian Dia menuju langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: "Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa". Keduanya menjawab: "Kami datang dengan suka hati".Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.

Di bawah ini urutan penciptaaan gaya Zoroasteriansm seperti yang terekam dalam Kitab Bundahishn :

Periode pertama Ohrmazd (Pencipta) menciptakan langit dengan cahaya siang .
Periode kedua air diciptakan , angin, hujan dan kilat.
Periode ketiga diciptakan bumi yang bundar (round)yang datar dengan jalan-jalan. Kemudian mengisi bumi itu dengan gunung-gunung, serta berbagai hal seperti besi, limstone dsb.
Periode keempat diciptakan tumbuh-tumbuhan dan penunjangnya
Periode kelima diciptakan binatang-binatang.
Periode keenam diciptakan manusia.

Sesudah selesai Ohrmazd kemudian menciptakan cakrawala tempat bintang-bintang , matahari dan bulan sebagai cahaya penerang.

Tidak ada komentar: