Senin, 30 Juni 2008

KUMPULAN CERITA2 DONGENG DALAM QURAN/ISLAM (LANJUTAN 1)

VIII. ALLAH MENAUNGI ORANG ISARAEL DENGAN BUKIT/GUNUNG

Dalam Quran ada cerita aneh mengenai bukit yang terangkat menaungi orang Isreal.

Q7.170-172
[170] Dan orang-orang yang berpegang teguh dengan Al Kitab (Taurat) serta mendirikan salat, (akan diberi pahala) karena sesungguhnya Kami tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengadakan perbaikan. [171] Dan (ingatlah), ketika Kami mengangkat bukit ke atas mereka seakan-akan bukit itu naungan awan dan mereka yakin bahwa bukit itu akan jatuh menimpa mereka. (Dan Kami katakan kepada mereka): "Peganglah dengan teguh apa yang telah Kami berikan kepadamu, serta ingatlah selalu (amalkanlah) apa yang tersebut di dalamnya supaya kamu menjadi orang-orang yang bertakwa".

Ini juga tidak ada dalam Bibel Perjanjian Lama, tapi ada dalam komentar di Talmud :

Sumber Talmud Babylonia: Tract ‘Abodah Zarah bab I 2b bagian akhir.

Ini, kemudian, akan menjadi alasan mereka :’Tuhan Semesta Alam, tidakkah Engkau menggantungkan gunung di atas kami seperti kubah (bejana) seperti yang engkau lakukan pada Israel dan akankah kami masih menolak untuk menerima ini?’…………………………
R. Dimi b. Hama berkata : Ini mengajarkan kita bahwa yang Maha Kudus, di kuduskan Dia, menggantung gunung atas Israel seperti kubah, dan berkata pada mereka :’Bila engkau menerima Torah, ini akan menjadi baik dengan mu, tapi bila tida, di sana akan ditemukan kuburan bagimu.’

Link Abodah Zarah : http://come-and-hear.com/zarah/zarah_2.html#chapter_i


IX. HARTANYA KARUN.

Istilah harta Karun mungkin berasal dari dongeng tentang Korah (Karun), yang kunci-kuncinya sangat berat :

Q28.76
[76] Sesungguhnya Karun adalah termasuk kaum Musa, maka ia berlaku aniaya terhadap mereka, dan Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat. (Ingatlah) ketika kaumnya berkata kepadanya: "Janganlah kamu terlalu bangga; sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang terlalu membanggakan diri".

Dalam Bibel Perjanjian Lama, Korah anak Yizhar, memberontak melawan Musa dan Harun (Bilangan16 :1-6). Tetapi cerita tentang kunci-kunci harta Korah, tidak ada dalam PL. Kunci harta Korah yang sangat berat muncul dalam perbincangan para Rabbi di Talmud.

Sumber Talmud Babylonia : Tract Sanhendrin 110 a

Resh Lakish berkata : Ini menunjuk pada harta Korah (Karun). Dan seluruh isinya itu ada pada kaki mereka. Eleazer berkata : Ini menunjuk pada harta seorang manusia, yang menolongnya keluar. R.Levi berkata : Kunci-kunci rumah harta “karun” Korah adalah beban untuk 300 keledai putih, meskipun kunci-kunci dan gembok-gembok dari kulit.

Link : http://come-and-hear.com/sanhedrin/sanhedrin_110.html

Tidak ada komentar: